0

MULTIPLE ACCESS DAN MULTIPLEXING APA BEDANYA?

Posted by Alfian Abdul Ghaffar on 21.35

MULTIPLE ACCESS DAN MULTIPLEXING

Bermula dari praktikum pengantar sistem telekomunikasi yang saya ikuti, asisten lab saat itu memneri pertanyaan apa perbedaan multiple access ddengan multiplexing, saya spontan ingat perkataan salah satu teman saya dan menjawab kalau multiple access itu menggunakan prinsip multiplexing,dan dengan spontan pula asisten tersebut menyalahkan saya,da tugas ini pun saya bungkus pulang, kalu anda memiliki pemikira yang sama maka berikut hasil temuan saya tentang beda multiple access dengan multipexing.

Multiple access adalah sesuatu yang diakses secara bersama oleh banyak pihak, bedakan dengan multiplexing yang merupakan banyak sumber data yang dijadikan sehingga bisa dilewatkan dalam satu jalur. contoh dari multiple access itu adalah jaringan komputer/network LAN, pada LAN semua komputer bisa mengakses ke satu sambungan yang dihuubungkan dengan switch atau router. sedangkan contoh dari multiplexing adalah misal dalam video AVI, maka didalamnya terdapat misal satu bagian video, beberapa bagian sound dan bahkan mungkin disertai dengan subtitle, semua itu dapat diakses ketika kita menyalakan video tersebut.

Perbedaan yang lain adalah multiple access dalam penggunaannnya tidak dapat dilakukan secara bersamaan, karena pasti terjadi saling rebut antar user, misal dalam LAN tadi masing-masing user akan berebut bandwidth untuk mengakses router tersebut, sedangka pada multiplexing video tersebut dapat diakses secara bersamaan baik video,sound maupun subtitlenya. Pembagian multiple access sendiri ada Frequency division Multiple Access (FDMA),Time Division Multiple Access (TDMA), dan Code Division Multiple Access (CDMA), dan untuk multiplexing ada FDM, TDM, dan CDM yang akan saya lanjutkan pada postingan selanjutnya.


# Multiplexing itu pengiriman bnyk sinyal atau aliran paket data dgn suatu carrier pd waktu yg sama, sinyal yg majemuk, dan kemudian memisahkan sinyal2 tsb pd titik terakhir.

# Multiple access itu metode implementasinya dr multiplexing. Contohnya seperti di gelombang ponsel yg memakai metode TDMA (Time division Multiple Access), FDMA (Frequency Division Multiple Access), Time/Frequency Multiple Access, Random Access, CDMA.

- TDMA merupakan metode multiple access dmn user akan diberikan slot waktu masing2 utk pengiriman sinyalnya.
- FDMA merupakan metode multiple access dmn user diberikan slot frekuensi msg2 utk pengiriman sinyalnya.
- Time/Frequency MA merupakan metode multiple access dmn user dpt mengirimakn sinyal secara bersamaan dgn dibedakan thd satuan waktu dan frekuensi. Jd dlm satu frekuensi bisa ada bbrp slot waktu di situ. Hanya dsini akan ada delay antara user 1 dgn user berikutnya, tp masi dlm 1 kanal frekuensi.
- CDMA merupakan metode multiple access dmn user secara bersamaan dpt menggunakan kanal frekuensi manapun dlm pengiriman sinyalnya. Msg2 user mengirimkan sinyal yg unik dan berbeda satu sama laen, kemudian di titik terakhirnya akan dilakukan re-multiply dgn pemfilteran pseudo-code biner. 

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Doa, Usaha dan Secercah Harapan All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.