3

Cara Install NS2 di Windows XP

Posted by Alfian Abdul Ghaffar on 20.13
Kebetulan sekali,, pada saat saya lolos dalam rekruitasi Asisten Riset Switching... Saya kebagian tugas untu memperdalami segala sesuatu tentang NS2, NS3 dan GNS3... dan saya pengen bagi-bagi Ilmu dengan teman's semua bagaimana cara menginstall NS2 didalam Windows XP... Post ini sebagai post pertama saya tentang NS2 dan sebagai Promosi pertama saya juga bila teman-teman ada pertanyaan mengenai NS2, kalau bsa saya bantu... mari berdiskusi dan belajar bersama dengan saya... ^^

Berikut ini Cara Install NS2 di Windows XP :
  1. Langkah pertama siapkan file-file untuk instalasi. Seyogyanya proses pemasangannya dilakukan secara offline yaitu dengan memakai bahan instalasi yang sudah ada bersama dengan setup.exe yang akan menanamkan aplikasi Cygwin ke dalam computer.1 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  2. Langkah berikutnya jalankan setup.exe untuk memulai pemasangan aplikasi Cygwin.2 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  3. Selanjutnya pilih opsi untuk menggunakan bahan instalasi dari local directory yang ada pada ketiga pilihan tersebut.3 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  4. Lakukan pilihan lokasi untuk proses pemasangan aplikasi Cygwin pada computer anda. Saat kondisi seperti ini janga mengubah lokasi dengan tujuan pengkonfigurasian selanjutnya menjadi lebih mudah.4 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  5. Setelah itu masukkan alamat bahan instalasi aplikasi Cygwin yang tadi disertakan dengan setup.exe.5 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  6. Ubalah pemasangan ke konfigurasi pemasangan penuh dengan tujuan memudahkan dalam proses simulasi karena semua unsur aplikasi Cygwin lengkap terpasang pada komputer anda.6 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  7. Proses instalasi sampai selesai. Selanjutnya itu jalankan Cygwin melalui shortcut pada desktop computer yang muncul setelah proses pemasangan aplikasi Cygwin selesai.7 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  8. Masukkan environment tambahan ke windows XP agar ns2 berhasil dipasang pada aplikasi Cygwin pada computer. Untuk kata ‘admin’ disesuaikan dengan user yang tercipta secara otomatis saat aplikasi Cygwin pertama kali dijalankan.
    ;/home/admin/ns-allinone-2.29/bin:/home/admin/ns-allinone-2.29/tcl8.4.11/unix:/home/admin/ns-allinone-2.29/tk8.4.11/unix;8 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  9. Sertakan beberapa baris script ke file .bashrc pada folder user yang akan dipasangkan aplikasi ns2 pada aplikasi Cygwin. Pada kasus ini user adalah ‘admin’ jika user namanya lain maka kata ‘admin’ pada script di bawah ini diganti sesuai dengan  nama user yang ada pada Cygwin tersebut.
    export NS_HOME=/home/admin/ns-allinone-2.29/
    export PATH=$NS_HOME/tcl8.4.11/unix:$NS_HOME/tk8.4.11/unix:$NS_HOME/bin:$PATH
    export LD_LIBRARY_PATH=$NS_HOME/tcl8.4.11/unix:$NS_HOME/tk8.4.11/unix:\$NS_HOME/ot cl-1.8:$NS_HOME/lib:$LD_LIBRARY_PATH
    export TCL_LIBRARY=$NS_HOME/tcl8.4.11/library
    export TCL_LIBRARY=/usr/lib/tcl8.4/
    # function settitle() { echo -n “^[]2;$@^G^[]1;$@^G”; }
  10. Gandakan folder instalasi ns2 beserta isinya dari aplikasi NS2 yg anda download ke folder user  yang akan dipasangkan aplikasi ns2 pada folder home pada Cygwin.10 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  11. Jalankan proses instalasi dengan perintah ./install pada folder ns-allinone-2.29 dengan memakai aplikasi Cygwin.
    11 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  12. Setelah proses instalasi selesai maka proses selanjutnya adalah proses validasi. Masukkan perintah ./validate pada folder ns-2.29.12 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  13. Setelah itu jalankan startxwin.bat pada aplikasi Cygwin untuk menjalankan aplikasi ns2 nantinya.13 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  14. Lakukan proses ujicoba pada simple.tcl pada lokasi ns-2.29/tcl/ex dengan aplikasi Xwin untuk menjalankan ns2.14 Cara Install NS2 (Network Simulator 2)
  15. Proses peng-install.an NS2 selesai dilakukan.

3 Comments


Terima kasih untuk berbagi informasi yang sangat berguna

iphone custom development


gimana cara patch directional antenna untuk NS-2?


artikel yg bagus.tpi saya mau nanya bagaimana cara install ns2 di ubuntu 10.04 dan 11.04 tetapi menggunakan vmware.dikarenakan kemarin sya coba dan tdak berhasil jika install ns2 lewat vmware.mhon bantuannya.trima kasih...

Posting Komentar

Copyright © 2009 Doa, Usaha dan Secercah Harapan All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.