0

Bingung Software Gag Mau Di Dinstall di Ubuntu??? Baca Artikel Ini!! ( Update Repositori Ubuntu )

Posted by Alfian Abdul Ghaffar on 08.29
Pengalaman Install Asterisk pertama kali di Ubuntu, Kok Gagal mulu yaa?? Gag kaya pas Install di Slackware... Ternyata Usut punya Usut,, Kalo di Ubuntu untu install suatu program  paket-paet minimum yang dibutuhkan gag selalu lengkap !!! Jadi ya kita harus Up Date tu paket lewat Internet, gag kaya Slackware yang Serba manual karena paketnya lumayan lengkap semenjak awal Penginstalan... Gmana cara update repositori???? Check it Out ;))

Kegiatan meng-update repository di Ubuntu merupakan kegiatan yang seyogyanya secara rutin dan berkala dilakukan. Karena dengan mengupdate repository juga berarti kita mengupdate kumpulan-kumpulan program yang ada di repo dan menerima perbaikan program ketika ada bug. 

Bagi saya seorang pemula dan newbie di duni per- Linux -an berikut sedikit sharing bagaimana cara update repository ubuntu. Dalam hal ini ada 2 cara mengupdate repository ubuntu melalui terminal atau pun juga lewat interface.

Sebelum itu mari  kita pahami bersama tentang repository ubuntu. Ubuntu menggunakan apt sebagai manajemen paket. Anda perlu menambahkan list repository yang bisa di lihat di
/etc/apt/sources.list
Dalam hal ini anda bisa menggunakan salah satu repository lokal yang bisa di lihat di postingan saya sebelumnya mengenai “pengertian repository
Setelah anda menambahkan salah satu repository lokal indonesia yang menyediakan repository ubuntu tersebut. Sebagai informasi bisa anda perhatikan struktur dari repository ubuntu berikut :
  

" deb http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ natty main restricted
  deb-src http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ natty main restricted"

Format Repository :

deb      = Menyediakan kumpulan file binari dan kumpulan file yang dipakai oleh kebanyakanpengguna
deb-src             = Menyediakan kumpulan binari yang digunakan oleh developer atau pengembang
natty                 = Merupakan chord name dari Ubuntu 11.04
Pada list repository tersebut hanya baris tanpa # (kres) yang merupakan baris aktif karena baris yang terdapat # merupakan baris komentar. Untuk mengaktifkanya anda hanya perlu menghapus tanda # di depan baris tersebut kemudian simpan.

Cara update repository ubuntu lewat terminal

1. Buka terminal Application -> Acessories -> Terminal
2. Cari alamat untuk repositori sesuai dengan versi ubuntunya (Tanya Mbah Google)
3. Kita tambahkan salah satu penyedia repository lokal dengan perintah $ sudo gedit /etc/apt/sources.list Masukkan password dan pastikan tidak ada tanda # di depan baris tersebut.
4. Save dan Exit
5. lakukan perintah #sudo apt-get update
6. tunggu sampai finish dan sukses

Cara update repository ubuntu lewat user Interface

Selain lewat terminal kita juga bisa meng update repository dengan menggunakan Synaptic package manager dengan cara sebagai berikut :
1. masuk ke Administration -> Synaptic package manager
2. Kita tambahkan salah satu penyedia repository lokal dengan klik Setting -> Repositories -> Main server -> other-> Server Indonesia -> (pilih salah satu repository yang tersedia)
3. pastikan sudah terpilih salah satu repository lokal tersebut kemudian close, dan
4. Reload synaptic package manager
5. Tunggu hingga finish dan sukses

Kalau ada kegagalan saat update repository ubuntu :

1. Check koneksi Internet anda
2. Coba repository lokal lain
3. Hanya gunakan salah satu dari 2 cara update repository ubuntu (jangan bersamaan)
4. Coba check kembali script yang ada di sudo gedit /etc/apt/sources.list
5. Lakukan sudo apt-get update atau reload kembali
Atau bisa juga faktor lain kegagalan update repository ini adalah adanya Proxy server. Tapi jangan khawatir, karena berikut juga ada pemecahan masalah tersebut yang telah di posting oleh teman saya di sini dan sini.

Semoga bermanfaat kawaan :))

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Doa, Usaha dan Secercah Harapan All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.