0

10 Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anda

Posted by Alfian Abdul Ghaffar on 08.55
interpersonal
Kemampuan interpersonal merupakan hal wajib yang harus dipelajari terutama jika ingin melesat dalam karir di dunia kerja. Kemampuan interpersonal tidak boleh dianggap remeh, walaupun sekilas tidak menimbulkan dampak kesusesan secara langsung, namun seseorang yang tidak menguasai kemampuan ini akan terhambat dalam lingkungannya.
Berikut 10 tips praktis untuk meningkatkan kemampuan interpersonal anda.
1. Senyum
Jika anda disuruh untuk memilih rekan kerja, pastilah anda lebih suka memilih rekan kerja yang murah senyum daripada yang selalu bermuka masam. Demikian juga dengan orang lain, mereka pasti akan lebih nyaman bergaul dengan orang-orang yang murah senyum.
2. Menjadi lebih apresiatif
Berapa kali dalam sehari anda mengucapkan ‘terima kasih’ pada rekan kerja atau orang yang membantu anda? Atau pernahkah anda memuji pasangan, teman atau rekan kerja anda karena pada saat itu dia terlihat cantik?
3. Peka terhadap orang lain
Apakah anda merupakan tipikal orang yang bisa melihat perubahan suasana hati teman dari waut wajahnya? Ataukah justru anda orang yang dingin dan tidak peka terhadap kesedihan yang dialami oleh teman anda? Jika anda disuruh memilih, teman seperti apakah yang anda pilih?
4. Berlatih mendengarkan
Percayalah, mendengarkan itu butuh latihan, karena menjadi pendengar yang baik itu tidak gampang. Tapi percayalah, anda tidak akan rugi jika menjadi pendengar yang baik.
5. Perbanyak aktifitas yang melibatkan orang lain
Twitter, facebook, blackberry dan sejenisnya bisa membuat kita memiliki banyak teman dan aktifitas di dunia maya. Tapi ingatlah, kita berada di dunia nyata, jadi jangan abaikan aktifitas-aktifitas bersama tetangga dan teman nyata anda.
6. Selesaikan konflik
Tidak ada orang yang suka berteman dengan pengecut, selesaikan konflik anda dengan teman atau rekan kerja, jangan biarkan waktu yang mengambil alihnya.
7. Berbicaralah sesuai tempatnya
Belajarlah untuk bisa menyesuaikan diri saat berbicara, baik itu dalam hal pemilihan tema obrolan, bahasa atau intonasi bicara. Contoh, jangan ngobrolin politik jika anda berada di komunitas yang anti dengan politik.
8. Miliki kemampuan untuk melucu
Ingat tagline iklan rokok “ga ada lo ga rame?” Orang-orang yang pandai melucu biasanya akan banyak dicari oleh teman-temannya.
9. Jangan sering complain
Apakah ada disekitar anda orang yang hobinya complain dan suka mengeluh? Dan bagaimana perasaan anda saat mendengarkannya mengeluh dan mengeluh setiap harinya? BĂȘte? Dongkol? Sebel? Nah karena itu jangan menjadi pribadi yang sering complain dan mengeluh.
10. Melihat masalah dari banyak sisi
Menjadi orang yang pandai melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang banyak dibutuhkan oleh orang lain dan perusahaan. Hal itu akan berdampak pada karir anda yang akan menanjak dengan cepat.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Doa, Usaha dan Secercah Harapan All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.