1

Install Ns2 di windows 7

Posted by Alfian Abdul Ghaffar on 11.19


Malam ini saya mau coba berbagi hal yang beberapa bulan jadi tugas kuliah saya, dan sempat bingung untuk untuk mengerjakannya karena gak tahu caranya.
saya ceritain dulu deh gimana tugas ini saya kerjakan, awalnya dimulai saat satu kelas kena marah dosen gara-gara disuruh buat jurnal atau modul tentang instalasi NS2 gak ada yang ngerjain. sampe dosen bukan ngajar malah ngomelin semuanya.
beberapa hari setelah itu saya berhasil menemukan jurnal tentang tutorial dan modul kemudian saya kirim ke dosen tadi. sempat satu sore saat saya di kampus tanya ke dosen tentang bagaimana sebenarnya Ns2 dan cara kerjanya.
kemudian dosen jawab sebagaimana packet tracer Ns2 juga merupakan software yang digunakan oleh orang jaringan untuk membuat analisa jaringan, lalu saya tanya lalu kalo gitu sama dunk pak Ns2 dan PT(paket tracer?.
kemudian dosen jawab beda kalo NS2 itu dipakai untuk simulasi jaringan kalo PT untuk implementasi. kemudian saya lanjut tanya, ” pak saya udah coba install Ns2 di ubuntu tapi error. kenapa?. ” dosen jawab gk tahu kalo saya gk lihat mah. terus saya tanya lagi bapak pernah install di windows? dia jawab belom pernah.
setelah cerita itu kemudian tiba-tiba dosen ini mengatakan bahwa UAS kalian adalah tentang Ns2 ,,wah kata saya ni dosen becanda kali mahasiswa lom pernah coba tapi suruh UAS NS2.
sore ini saya dan beberapa temen coba install di laptop dengan menggunakan virtual box, karena error semuanya jadi bingung, kemudian saya ingat kalo saya pernah dapet tutorial install Ns2 di windows, kemudian saya cari intaller unutk NS2 di windows dan dapet, yang mau dowload dowload di sini http://dc358.4shared.com/download/QidNNCej/ns2_for_Windows_Install.rar?tsid=20120120-095122-81384491.
kemudian saya coba untuk install di laptop saya. awalnya error terus setelah di coba trs akhirnya bisa. saya coba share aja ya cara install NS2 di windows 7.
1. dowload dulu Ns2 di http://dc358.4shared.com/download/QidNNCej/ns2_for_Windows_Install.rar?tsid=20120120-095122-81384491
2. exract filenya kemudian cari file tcl830.exe install
3. kemudian install nam-1.0a11a-win32.exe
4. ok
kamu sudah install ns2 mudah kan.
atau lewat cmd lebih mudah ini caranya:
1. masuk cmd
cd..
cd..
user>cd “program files”
user><programfiles>cd Ns2
user><program file> Ns2 >nam-1.0a11a-win32.exe install
tunggu sampe install selesai.
sekarang kamu udah install Ns2 silahkan di coba.

1 Comments


Bagaimana jika ingin menambahkan patch directional antenna pada NS-2?

Posting Komentar

Copyright © 2009 Doa, Usaha dan Secercah Harapan All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.